Bab VIII – Tsumma Musyaffa‘u


ثُـــــمَّ الْمُشَفَّعُ لَمْ يَزَلْ مُتَرَقِّيًــــا ۞ رُتَبًا بِحُسْنِ كَمَالِهَا قَدْ أُفْرِدَا

Tsummal-musyaffa‘u lam yazal mutaraqqiyan ۞ rutaban biḫusni kamâlihâ qad ufridâ

Kemudian Al-Musyaffa‘ (Nabi yang diharapkan syafaatnya) itu terus meningkat kedudukannya dengan keindahan kesempurnaannya yang tersendiri.

حَتَّى لَهُ الرَّحْمٰنُ أَرْسَلَ رَحْمَـةً ۞ طُوْبَى لِمَنْ بِقَوِيْمِ مِلَّتِهِ اقْتَدَى

ḫattâ lahur-raḫmânu arsala raḫmatan ۞ thûbâ liman biqawîmi millatihiq-tadâ

Sehingga Allah yang Maha Pengasih mengutusnya sebagai rahmat (bagi sekalian alam). Berbahagialah orang yang menganut agamanya yang lurus.

وَبـِجِسْمِهِ وَالرُّوْحِ أَسْرَى يَقْظَةً ۞ وَلَكُمْ عَجَائِبَ قَدْ أَرَاهُ وَأَشْهَدَا

Wa bijismihi war-rûḫi asrâ yaqdhatan ۞ wa lakum ‘ajâ’iba qad arâhu wa asyhadâ

Dalam keadaan terjaga Nabi Muhammad ﷺ telah diperjalankan di waktu malam dengan ruh dan jasadnya dan banyaklah keajaiban-keajaiban (tanda-tanda kebesaran Allah) yang telah Allah perlihatkan kepadanya.

رَكِبَ الْبُرَاقَ وَسَـــارَ تَحْتَ رِكَابِهِ ۞ جِبْرِيْلُ يَمْشِيْ كَيْ يَنَالَ السُّوْدَدَا

Rakibal-burâqa wa sâra taḫta rikâbihi ۞ jibrîlu yamsyî kai yanâlas-sûdadâ

Nabi ﷺ telah mengendarai Buraq sementara Jibril berjalan di bawah kendaraannya dengan tujuan agar mendapatkan kemuliaan.

إِذْ أَمَّ قُدْسًـــا فِيْــــهِ أَمَّ الْأنْبِيَـــــا ۞ وَرَقَى لِمِعْرَاجِ السُّرُوْرِ لِيَصْعَدَا

Idz ’amma qudsan fîhi ammal-anbiyâ ۞ wa raqâ limi‘râjis-surûri liyash‘adâ

Beliau menuju Baitul Maqdis, dan di dalamnya beliau mengimami shalat bersama para nabi. Kemudian beliau melakukan Mi’raj yaitu naik ke langit dengan rasa gembira.

وَيُرِيْهِ مِنْ اٰيَــــاتِهِ الْكُبْرَى وَمِنْ ۞ فَرْضِ الصَّلَاةِ الْخَمْسِ يَبْلُغُ مَقْصِدَا

Wa yurîhi min âyâtihil-kubrâ wa min ۞ fardlish-shalâtil-khamsi yablughu maqshidâ

Lalu Allah ﷻ memperlihatkan kepada Nabi tanda-tanda kebesaran-Nya, dan (mewajibkan) shalat lima waktu. Dengan demikian, telah tercapailah tujuan Mi’raj itu.

وَلِقَابِ قَوْسَيْنِ الْحَبِيِبُ لَقَدْ دَنَا ۞ حَتَّى رَأَى مَوْلًى عَلَا وَتَمَجَّدَا

Wa liqâbi qausainil-ḫabîbu laqad danâ ۞ ḫattâ ra’â maulan ‘alâ wa tamajjadâ

Dalam jarak sangat dekat, sang kekasih ﷺ mendekat sehingga menyaksikan kemahatinggian dan kemahaagungan Allah.

وَبِعَــــيْنِ رَأْسٍ كَانَ ذَاكَ وَقَلْبِـــــهِ ۞ فَاحْفَظْ لِهٰذَا حَيْثُ صَحَّ وَسَدِّدَا

Wa bi‘aini ra’sin kâna dzâka wa qalbihi ۞ faḫfadh lihâdzâ ḫaitsu shaḫḫa wa saddidâ

Semua itu terjadi dengan matakepala dan hatinya dan berhati-hatilah atas hal yang telah sah dan dibenarkan (jangan terjebak pada penyerupaan Allah dengan makhluk, karena sifat Allah tidak menyerupai suatu apa pun [Laisa kamitslihi sya’un]).

وَلَهُ لَقَدْ قَــــالَ الْعَليُّ مُلَاطِفَـــــا ۞ سَلْنِيْ لِتُعْطَى مَا سَأَلْتَ وَأَزْيَدَا

Wa lahu laqad qâlal-‘aliyyu mulâthifâ ۞ salnî litu‘thâ mâ sa’alat wa azyadâ

Allah yang Mahatinggi berfirman kepada Nabi dengan lemah lembut: “Mintalah kepada-Ku, niscaya Aku beri semua yang engkau minta dan Aku akan melebihkannya.”

عَنْهُ الْأَمِيْنُ لَقَدْ تَأَخَّـــرَ هَيْبَةً ۞ لَمَّا بِهِ فِي النُّوْرِ زُجَّ لِيَشْهَدَا

‘anhul-amînu laqad ta’akhkhara haibatan ۞ lammâ bihi fin-nûri zujja liyasyhadâ

Al-Amin (gelar Nabi Muhammad ﷺ) mundur dari-Nya karena pengaruh wibawa-Nya, ketika beliau tenggelam dalam Cahaya untuk menyaksikan-Nya

إِذْ قَالَ لَوْ قُدِّمْتُ أَحْرَقَنِي السَّنَا ۞ فَمَقَامُهُ بِالرُّوْحِ حَقًّا يُفْتَدَى

Idz qâla lau quddimtu aḫraqanîs-sanâ ۞ famaqâmuhu bir-rûḫi ḫaqqan yuftadâ

Ketika itu beliau bersabda, “Seandainya aku maju, niscaya aku akan terbakar oleh sinar itu.” Sehingga posisi beliau pada saat itu betul-betul ditebus dengan ruh.

يَا رَبِّ عَطِّرْ بِالصَّـــلَاةِ ضَرِيْحَـــهُ ۞ وَأَدِمْ عَلَيْهِ سَلَامَ ذَاتِكَ سَرْمَدَا