Kata pengantar


Islam adalah ajaran yang mencakup kepada seluruh aspek kehidupan manusia baik zohoriah ataupun batiniah. Ajaran islam yang merupakan salah satu agama di indonesia banyak memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan zaman, perubahan-perubahan yang didasari dengan konsep teologis banyak ditemukan pada penganut agama islam tersebut.

Revolusi industri memberikan dampak nyata pada perubahan-perubahan budaya termasuk pada republik indonesia lebih dari itu masuk juga pengaruhnya terhadap perubahan dunia. Perubahan tersebut memiliki dampak yang cukup besar terhadap masyarakat indonesia, ketika perkembangan zaman terus memacu proses kehidupan. Sedikitnya perubahan ini memberikan dua hasil yaitu negatif dan positif dalam nilai-nilai agama pada tahapan realisasinya di keseharian manusia.

Islam yang semulanya dipeluk oleh mereka yang meyakini sampai pada pengaplikasiannya di titik terkecil seperti etika-etika, namun seiring dengan perubahan zaman tidak sedikit pemeluk ajaran islam yang melupakan nilai-nilai estetika dan etika dari ajaranya untuk diamalkan dalam kesehariannya sebagai contoh Akhlaq.

Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk membantu mengembalikan nilai-nilai etika dalam islam yang lambat laun mulai terisolasi dalam kemajemukan konsep berbudaya.

Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pembimbing yang membantu mensukseskan pembuatan aplikasi ini sampai bisa diakses oleh siapapun yang meminatinya.

saya juga sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam proses pengembangan dan implementasi aplikasi mentoring akhlak ini. Khususnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para guru dan pendidik yang telah berdedikasi dalam membantu siswa meningkatkan akhlak mereka melalui program mentoring. Kami juga ingin menghormati para pelajar yang telah aktif berpartisipasi dalam program ini dan telah menunjukkan kemajuan dalam meningkatkan perilaku keagamaan mereka. Dengan demikian, saya berharap aplikasi ini dapat menjadi referensi yang berguna bagi semua pihak yang terlibat dalam upaya membentuk akhlak kaum muslimin yang lebih baik.”